Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam usaha jasa, yang pertama adalah pelayanan yang prima, dalam usaha jasa perpanjangan STNK adalah ketepatan waktu dan informasi biaya yang tepat. Yang kedua adalah menjaga kepercayaan, misalnya menjaga jangan sampai STNK hilang. Mengenai penetapan biaya disebutkan bahwa semua pembayaran yang tertera dalam STNK ditambah Rp. 15.000 sebagai uang jasa. Jangan sebutkan langsung biayanya, karena ada kemungkinan Biaya Perpanjangan STNK yang harus dibayarkan kepada Kepolisian (SAMSAT) berubah. Untuk itu uang yang diterima dari pelanggan sebagai titipan, dan jelaskan kepada pelanggan bahwa kemungkinan biaya tersebut sekian, sehingga apabila terdapat perbedaan antara perhitungan awal dengan realisasinya, mereka bisa memahami.
Administrasi yang harus dipersiapkan adalah bukti penerimaan (tanda terima) dokumen. Hal ini penting untuk menunjukkaan bahwa cara kerja kita professional dan memberikan rasa aman kepada pelanggan. Tanda Terima dibuat dua rangkap, yang asli diberikan kepada pelanggan yang akan dipergunakan untuk pengambilan STNK, yang kedua kita simpan sebagai arsip. Sebaiknya lembaran yang kita simpan jangan dilepas untuk memudahkan pengarsipan.
Dalam menentukan lamanya pekerjaan, harus ditentukan dengan pasti, misalnya kalau kita masih berstatus karyawan perusahaan, maka dokumen dari konsumen diambil hari ini, besok dikerjakan dan lusa pagi sudah diserahkan kepada pelanggan. Sedangkan apabila kita tidak merangkap sebagai karyawan, Apabila dokumen diterima sebelum jam 9.00, besok pagi sudah bisa diambil. Apabila dokumen diterima setelah jam 9.00 STNK bisa diambil pada besok sore.
Jangan lupa meminta nomor telepon yang bisa dihubungi, agar pada saat terdapat keterlambatan karena ada hambatan, maka bisa memberitahukan kepada pelanggan sebelumnya, tentunya diawali dengan permohonan ma’af.
Jika status anda masih merangkap sebagai karyawan, harus memiliki pegawai yang bisa dipercaya untuk melakukan pengurusan perpanjangan ke kepolisian. Anda bisa merekrut saudara atau teman yang dapat dipercaya dan gesit dalam bekerja. Apabila usaha sudah mulai berkembang, maka anda harus sudah meninggalkan pekerjaan dan focus pada usaha sendiri.
Langkah selanjutnya adalah mengurus perijinan, dengan tujuan untuk menghindari masalah dikemudian hari dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan dan bekerja lebih professional. Untuk pengurusannya bisa meminta bantuan pada notaris dimana domisili perusahaan akan didirikan.
Jika seseorang telah menggunakan jasa anda, maka hal ini merupakan potensi pasar, karena memungkinkan mereka kembali untuk memperpanjang melalui perusahaan anda. Untuk itu diperlukan pencatatan data pelanggan (data base) untuk memudahkna dalam menentukan waktu perpanjangan STNK kendaraan milik pelanggan.
Database berupa data-data penting yang harus dicatat, sebaiknya dibuat dalam komputer sehingga bisa dibuatkan sortasi tanggal jatuh tempo perpanjangan STNK, yang terdiri dari : Nama Pelanggan, Alamat Pelanggan, Nomor Telepon pelanggan, Merek kendaraan, jenis kendaraan, tahun pembuatan, dan lain-lain. dari database tersebut dibuatkan target pasar dengan asumsi pelanggan lama memperpanjang lagi STNK melalui perusahaan anda.
Untuk mengingatkan tidak ada salahnya dilakukan pemberitahuan beberapa hari sebelum pajak (STNK) habis masa berlakunya. Kemudian anda bisa beritahukan bahwa perusahaan anda siap untuk membantu perpanjangan STNK, bila perlu dokumen dijemput ke rumah atau kantor pelanggan, misalnya untuk pelayanan tersebut dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000.
Untuk pengembangan selanjutanya, usaha jasa bisa diperluas tidak hanya melayani perpanjangan STNK, tetapi ditambah dengan jenis usaha lainnya yang masih berhubungan dengan usaha utama. Seperti membuat SIM, mutasi surat kendaraan, juga bisa diperluas lagi ke jasa penyediaan ticket kendaraan seperti ticket kapal laut, ticket bis, ticket pesawat dan lain-lain. Mungkin juga ada usaha sampingan seperti jual beli kendaraan, ini bisa terjadi karena suatu saat ada pelanggan yang akan menjual kendaraannya, anda bisa menawarkan kepada pelanggan laiinya. Yang penting adalah memanfaatkan relasi yang ada untuk dijadikan kesempatan dalam usaha.
Memanfaatkan Jaringan Internet
Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking
Jumlah pengguna internet diseluruh dunia mencapai 1 miliar, sedangkan di Indonesia lebih dari 25 juta, bahkan menurut perkiraan Telkomsel sebagai penyedia layanan internet di tahun 2010 diperkirakan pengguna internat mencapai 57,8 juta. Jumlah pengguna internet di Indonesia termasuk masih rendah yaitu baru 10,4 persen , sedangkan di China sudah lebih dari 50 persen.
(Baca Selanjutnya ……)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan anda memberikan komentar atas artike yang telah anda baca. Terutama saran untuk perbaikan. Terima Kasih