Selasa, 28 September 2010

Konsultasi Manajemen Sdr. Adni Rulansah


Nama Anda                           : Adni Rulansah (Mr)
Nama Perusahaan                : Toko Sinar Samudra
Alamat                                    : Jalan BKR No. 20 Pasar Banjar
Kota                                        : Banjar, Jawa Barat
E-mail                                     : rulan.mac.pro@gmail.com
Nomor HP                              : 0811266670
Jenis Usaha                           : Toko Kelontong, menyusul Usaha
  usaha lain nya Insya'Alloh
Deskripsi Permasalahan:

Aslmkm wr wb Pa'Firdaus Hendrawan, terimakasih atas web nya yang sangat bermanfaat dari mulai tips sampai dengan artikel yang memotivasi saya. Sebelum saya jelaskan permasalahan, ada baik nya saya sekilas bahas mengenai Toko Sinar Samudra ini. Toko Sinar Samudra adalah Toko Kelontong menjual kebutuhan sehari hari yang sudah lama berjalan hampir puluhan tahun dan menjadi tulang punggung ekonomi keluarga sampai saat ini. Setelah saya selesai kuliah, saya kembali ke Kota kelahiran saya di Kota Banjar, Jawa Barat yang dulu jadi bagian Kabupaten Ciamis sebelum memisahkan diri. Saya kembali ke Banjar awal Tahun ini Bulan Januari lalu, kemudian sambil bekerja sebagai Sukwan di Badan Penanaman Modal Kota Banjar saya sambil membantu membenahi Toko Sinar Samudra ini yang akan saya jabarkan berikut ini. 1. Toko Kelontong (Bayangkan toko toko kelontong di Pasar Tradisional ya Pak, kurang lebih begitu keadaan toko saya) .. Saya ingin sekali membuat Toko Sinar Samudra ini lebih RAPIH - lebih BERSIH - sehingga nyaman. Alasan ini karena Kompetitor di Kota Banjar mulai bermunculan Indomart dan Alfamart. Sejujurnya saya senang dengan ada nya kompetitor itu, karena jd lbh menantang hanya saja saat ini saya sedang mengalami kebingungan dalam hal "MANA YANG SAYA DAHULUKAN" antara membenahi Lay'Out Toko atau Implementasi IT (Komputer dengan Sistem POS) terlebih dahulu ? Mohon masukan nya.

2. Letak Toko Sinar Samudra ini berada di sekitar Pasar Banjar. Namun bukan bagian dari bangunan Pasar, jadi bangunan ada di sekitar pasar tepatnya diluar Pasar dpn Pintu Masuk Pasar. Nah Masalah sekarang ini adalah Kebijakan Pemerintah Kota Banjar akan me'RENOVASI Pasar Banjar. Jadi Selama direnovasi yang kurang lebih memkan waktu 1 tahun lebih ini akan memindahkan pedagang Pasar ini ke Lokasi Pasar Darurat yg sifat nya Sementara, sedangkan Banyak Toko yang berada di luar Bangunan Pasar yg Memang tidak termasuk dalam kategori PASAR tidak akan ikut pindah karena memang bukan bagian dari Pasar. Pertanyaan saya, apakah saya harus mencari Tempat atau mengontrak Ruko di sekitar Pasar Sementara untuk mendekati Pangsa Pasar saya yaitu Konsumen yang pergi ke Pasar. Ataukah saya tetap berada di Tempat yang sekarang namun dengan mengeluarkan strategi Promosi, dan Pelayanan maksimal seperti pesan barang lewat Telpon (HP) bisa di antar ke rumah barang nya dan bentuk layanan lain nya....hanya saja layanan itu menurut saya sifat nya hanya berlaku kepada Langganan saja, tidak berlaku kepada Pembeli harian yang sifat nya insedntil...Mohon masukan nya Pak Firdaus ? Maaf jika cerita atau deskripsi nya kepanjangan dengan bahasa yang muter'muter...karena memang bingung harus mulai dari mana. Satu sisi saat akan mau bebenah Toko ternyata di hadapkan dengan Pemindahan Lokasi Pasar...jadi nya mumet hehe : Semoga dngan konsultasi ke usahawansejati.net bisa memberi pencerahan buat Toko SINAR SAMUDRA. Jazaqalloh Khoir, Terimakasih Banyak.

Jawab :

Wa’alaikum salam Wr. Wb.

Yang terhormat Mas Adni Rulansah di Banjar, terima kasih atas kunjungannya ke website usahawansejati.net, hal ini membatu saya karena dengan adanya pertanyaan yang masuk, memberikan wawasan yang baru untuk memahami dunia usaha yang lebih luas.

Dalam kesempatan ini juga, saya ingin menyampaikan permohonan ma’af kepada ribuan pengunjung setia usahawansejati.net, karena dalam beberapa bulan terakhir ini saya belum sempat menulis artikel, dan mengedit website. Adapun pertanyaan yang masuk langsung saya jawab melalui email (tanpa di tampilkan dalam website usahawansejati.net). Hal ini disebabkan karena kesibukan saya menangani beberapa perusahaan sebagai konsultan manajemen. Akan tetapi apabila ada kesempatan, saya akan terus menulis. Serta saya sedang membuat perencanaan untuk lebih mengembangkan usahawansejati.net untuk berperan aktif dalam mendukung usahawan, terutama UKM.

Kembali ke persoalan pokok, yaitu membahas pertanyaan Mas Adni, dari pertanyaan yang cukup panjang, dapat saya ambil beberapa kesimpulan dan saya akan langsung melakukan pembahasan, yang terdiri dari :

  1. Kalau saya simak dari pertanyaan Mas Adni, toko kelontong telah berjalan puluhan tahun, hal ini menunjukkan bahwa toko telah eksis memiliki  tempat dihati pelanggan. Sehingga akan memudahkan dalam pemasaran produk yang ditawarkan dalam toko Sinar Samudra
  2. Rencana Pembenahan Toko atau Penerpan IT.
Dalam hal tertentu Penerapan IT akan sangat membantu dalam pengelolaan manajemen usaha. akan tetapi bisa terjadi sebaliknya, apabila penerapananya tidak tepat. Bagi perusahaan retail besar seperti Alfamart atau Indomart, penerapan IT, mutlak diperlukan. Karena dengan banyaknya gerai/toko, maka system control akan sangat sulit dilakukan tanpa IT. Disamping itu IT diperlukan sebagai system prosedur dan standard kerja bagi seluruh pengelola gerai/toko, sehingga mempermudah dalam operasional dan pengawasan

Akan tetapi bagi usahawan yang hanya memiliki satu atau beberapa toko saja, maka penerapan IT, bisa jadi sia-sia, bahkan bisa merugikan karena memerlukan biaya yang cukup besar (baik dari segi investasi maupun biaya maintenance), juga ditinjau dari segi operasional, memerlukan tenaga khusus untuk menanganinya.  Saran saya adalah coba pertimbangkan dari segi untung ruginya, apabila Mas Adni akan menerapkan IT di Toko yang dikelola.
  1. Untuk pertanyaan tentang rencana pindah, maka harus dipertimbangkan dengan matang dari segi untung ruginya. Karena biaya untuk pindah tidak sedikit, mulai dari biaya kontrak toko, biaya angkut, penataan barang dagangan dan lain-lain. Akan tetapi menurut pertimbangan saya sebaiknya pindah toko menjadi alternative lain. karena apabila toko memiliki pelanggan setia, dia tetap akan membeli walaupun jauh dari pasar. Malahan kesempatan ini dapat dijadikan tolok ukur seberapa besar toko memiliki pelanggan setia. Mengenai layanan antar bagi konsumen, sejauh yang saya ketahui kurang efektif, karena biasanya pelanggan ingin melihat langsung barang yang akan dibeli dan mereka memiliki kesempatan untuk menawar.
  2. Terakhir saya akan memberikan tip dalam mengelola toko, yaitu sebagai berikut :
-          Letak toko harus terlihat jelas oleh calon konsumen, biasanya toko dilengkapi dengan plang nama yang besar dan jelas. Permukaan toko yang baik adalah diatas permukaan tanah rata-rata, sehingga barang yang dipajang terlihat jelas dan terkesan toko besar dan megah.
-          Penataan barang harus baik dan tersusun rapih dan bersih, sehingga calon kunsumen tertarik untuk datang dan membeli barang yang ditawarkan.
-          Barang yang dijual harus lengkap, sehingga konsumen cukup membeli di toko kita.
-          Pelayanan harus ramah dan apabila ada kesempatan bisa berkomunikasi dengan baik, sehingga pelanggan akan selalu datang ke toko kita apabila memerlukan barang yang dicarinya. Disamping itu terjalin ikatan emosional, sehingga meraka merasa nyaman, dan ketika mereka datang ke toko kita, maka dianggap mereka mendatangi seorang sahabat.
-          Seorang pedagang yang baik, dia akan memnjual barang dagangannya dengan jenis, harga dan waktu yang tepat. Istilah yang saya gunakan adalah, pedagang sukses, mampu membaca fikiran-fikiran yang ada pada calon konsumen dan menterjemahkan serta mengaplikasikannya kedalam fikiran dia. Tidak sedikit pedagang yang memiliki modal besar, tetapi hanya menjual dagangannya yang menurut dia akan laku dan dicari konsumen. Sedangkan calon konsumen mencari barang lain yang menurutnya lebih diperlukan. Sehingga kebanyakan pedagang seperti ini sering mengalami kegagalan.

Sekian dulu jawaban saya, mungkin kurang lengkap, akan tetapi saya berharap uraian diatas memberikan gambaran yang mungkin dapat dijadikan acuan dalam mengambil keputusan. Terima kasih, semoga sukses.

Hormat Saya,


Firdaus Hendrawan










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan anda memberikan komentar atas artike yang telah anda baca. Terutama saran untuk perbaikan. Terima Kasih